PESONA KEINDAHAN PANTAI INDRAYANTI GUNUNG KIDUL

Pesona keindahan Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Pantai memang salah satu tujuan utama bagi wisatawan baik Domestik ataupun Mancanegara.Pantai memang mempunyai daya tarik tersendiri hamparan ombak yang  menerpa karang maupun sunset yang indah membuat para wisatawan hanyut didalamnya.Demikian juga dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal sebuah Pantai pasir putih yang terletak di Desa Tepus,Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istemewa Yogyakarta.Mempunyai keindahan dan pemandangan yang luar biasa,sebagian orang menyebutnya Pantai Kuta kedua di Indonesia.Pantai Indrayanti Gunung Kidul sekarang dibanjiri pengunjung baik daerah maupun luar daerah.Dibawah ini Seswati Tour Akan membahahas lebih detail tentang Obyek Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul.

A.SEJARAH PANTAI INDRAYANTI

gambar pantai pulang syawal atau pantai indrayanti

Sebenarnya nama asli Pantai ini buka Indrayanti melainkan Pantai Pulang Syawal.Berasal ada salah satu pihak swasta yang mendirikan sebuah Cafe atau Resto yang diberikan nama Indrayanti dengan papan nama yang besar menghadap kejalan.Sebutan inilah yang melekat pada para wisatawan sampai sekarang.Kawasan ini memiliki hamparan pasir putih yang cantik yang terjaga kebersihannya dengan berbagai fasilitas yang komplit seperti resto,cafe,rumah makan,gardu pandang pantai,tempat parkir dll.

Dipantai ini juga tersedia Restoran-restoran dengan gazebo yang menyajikan berbagai masakan ikan laut.Bagi yang suka dengan permainan air disini juga ada persewaan Jetsky.Panatai ini merupakan pantai terbersih dari serakan sampah diantara pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul.Hal ini juga tidak lepas dari peraturan yang dibuat dari pihak pengelola jika ketahuan membuang sampah tidak pada tempatnya maka akan dikenakan denda sebesar Rp.10.000 rupiah.

B.KEISTIMEWAAN PANTAI INDRAYANTI ATAU PANTAI PULANG SYAWAL

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal memiliki keistemewaan ombak yang bagus dan nyaman sekaligus mempunyai pasir putih yang bersih.Dihiasi Karang pada sebelah Barat dan Timur pantai menambah indah pemandangan. Sambil menikmati hidangan dari Restoran yang berada di pinggir pantai Anda juga langsung disuguhkan pemandangan lepas ke laut. Di Restoran juga tersedia seperangkat gamelan yang dapat Anda gunakan untuk belajar atau paling tidak mengenal gamelan Jawa. Jika Anda ingin bermalam di Pantai Indrayanti Anda juga dapat menyewa rumah panggung yang berada tepat di pinggir pantai dan menghadap pantai yang tentunya memberikan pemandangan yang menarik.Tak jauh dari gazebo, terdapat bukit di sisi Timur. Untuk menuju bukit di Pantai Indrayanti belum tersedia jalan sehingga harus menerobos semak dan perdu sembari memanjat karang. Dari atas bukit pantai Indrayanti, anda bisa tampak pemandangan laut yang bebatasan dengan Samudra Hindia.

Pemandangan lainnya adalah bisa ditemui burung-burung terbang sambil membawa ilalang untuk membuat sarang sarang. Suara debur ombak dan desiran angin secara harmoni menciptakan orkestra yang indah dan menenangkan. Saat senja menjelang, tempat ini menjadi spot yang sangat bagus untuk menyaksikan mentari kembali ke peraduannya (sunset).

C.PENGELOLAAN PANTAI YANG BAIK

Salah satu poin penting dari keindahan Pantai Pulang Syawal ini adalah kebersihannya yang selalu terjaga. Pengelola menetapkan aturan bahwa siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai ini akan dikenakan denda 10 ribu rupiah. Aturan ini ternyata direspon baik oleh para wisatawan sehingga pantai ini nampak lebih terjaga kebersihannya.
Selain itu, tata letak cafe dan resto Indrayanti yang diatur sedmikian rupa juga menambah keindahan pantai ini di mata wisatawan. Fasilitas yang cukup komplit, dari toilet, tempat parkir, penginapan, hingga gasebo-gasebo nyaman yang menghadap ke laut juga menambah daya tarik pantai ini.

Jika Sobat tertarik mengunjungi pantai ini, silahkan mempersiapkan segala sesuatunya karena jaraknya sekitar 70 km dari Yogyakarta, melewati medan perbukitan dengan jalan yang berkelok. Meski cukup jauh, pemandangan di sepanjang rute menuju Pantai Pulang Syawal ini akan mengobati rasa lelah sobat sekalian. Untuk membantu sobat semua, inilah panduan menuju pantai Indrayanti atau Pulang Syawal tersebut.

Berdasarkan peta yang saya buat secara manual ini, beberapa informasi penting mungkin sobat butuhkan ketika ingin mengunjungi Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Umumnya, wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini bingung menentukan jalur mana yang akan diambil agar perjalanan terasa aman dan nyaman. Untuk itu, dengan penjelasan berikut, saya berharap sobat dapat menikmati indahnya pantai berpasir putih Pulang Syawal, atau lebih dikenal dengan Indrayanti tersebut tanpa harus pusing memikirkan rute.

D.PETA ATAU RUTE MENUJU PANTAI INRAYANTI

1.Peta atau Rute menuju Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti dari Yogyakarta

Yogyakarta> Piyungan > Patuk > Sambipitu > Arah Hutan Bunder > Gading > Logandeng > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Jl. Kyai Legi > Jalan Lingkar Selatan > Jl. KRT Djojodiningrat > Jalan Girisubo - Wonosari > Jalan Saptosari - Tepus > Sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke Timur menuju Pantai Sundak > Somandeng > Pulang Sawal (Indrayanti).

2.Rute atau Peta menuju Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti dari Yogyakarta(alternatif)

Yogyakarta » Imogiri » Panggang » Jalan Saptosari - Tepus » Ikuti Arah ke Pantai Baron » sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur  sampai pertigaan Pantai Sudak ke kiri (Timur) melewati kawasan Pantai Sundak dan Somandeng » Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti.

3.Arah Tepus

Jika anda mengambil jalur Tepus, pemandangan perbukitan karst dan perdesaan Tepus juga akan mewarnai perjalanan sobat. Sobat akan melewati pusat Kota Kecamatan Tepus hingga akhirnya akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km, anda akan tiba di Pantai Indrayanti.

4.Rute jalur Selatan

Jalur Selatan ini dapat anda telusuri mulai dari pengambilan arah kanan dari pertigaan AAU Gading.And akan melewati Kecamatan Playen menuju Kecamatan Paliyan. Antara pertigaan Gading hingga Kecamatan Paliyan, hendaknya hati-hati karena jalannya cukup sempit dan bergelombang. Meski lalu lintas umumnya tidak terlalu padat, pada hari-hari libur, jalur ini mulai ramai dipenuhi bis-bis wisatawan yang juga akan menuju kawasan pantai.

Setelah sampai Pasar Paliyan, sobat ambil arah kiri, dan di depan Polsek Paliyan, ambil arah kanan menuju Trowono. Jika sobat ingin membeli belalang, di jalan antara Paliyan dan Trowono inilah tempat mangkal para penjual belalang. Nah, untuk menuju kawasan pantai,  harus mengambil arah kiri ketika sampai di pertigaan Trowono, menuju pertigaan Tanjungsari, dan kekanan menuju kawasan pantai.

5.Rute jalur Wonosari

Pada dasarnya, jika anda ingin memakai jalur Kota Wonosari, pada pertigaan Gading, sobat dapat terus berjalan lurus (kiri) dan menuju ke Bunderan Siyono. Pada titik ini, sobat dapat memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo, dimana anda akan dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

HARGA TIKET DAN JAM KUNJUNG

Untuk harga tiket naik menjadi Rp.10.000 rupiah
Parkir motor Rp.2000 rupiah
Parkir Mobil Rp.5000 – Rp. 10.000 rupiah

Demikianlah Pesona keindahan Pantai Pulang Syawal atau Pantai Indrayanti,dan saya memberikan informasinya secara detail mulai dari sejarah,jalur atau rute menuju Pantai,beserta tiket masuknya.Silahkan anda kunjungi dan rasakan keindahannya.Makasih
Sumber gambar : (hendriwuzzup.blogspot.com)