KEINDAHAN WISATA ALAM KALIURANG YOGYAKARTA

Keindahan wisata alam Kaliurang Yogyakarta – Adalah sebuah obyek wisata yang terletak di Provinsi Yogyakarta,tepatnya di kab. Sleman di perbatasan Provinsi Jawa Tengah.Sebuah wisata alam dibawah lereng Gunung Merapi.Bagi anda para pecinta alam maupun yang pengin melakukan wisata keluarga, Wisata Alam Kaliurang saya rekomendasikan sebagai pilihan utama anda,karena disana akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa cantikya ditambah dengan udaranya yang dingin menambah suasana menjadi tenang dan damai.Bagi yang pengen menginap gak usah khawatir disana banyak disediakan Hotel,Villa,maupun Wisma dengan harga yang cukup murah.

WISATA ALAM KALIURANG YOGYAKARTA

gambar wisata alam kaliurang yogyakarta
Wisata Kaliurang Yogyakarta

Perjalanan menuju Kaliurang dari arah Yogyakarta akan mengingatkan tentang kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.Sebuah gunung dengan jalan ditengahnya serta hamparan hijau yang membentang dikedua sisinya dihiasi dengan rumah penduduk yang akan menghiasi dalam perjalan anda.Diselimuti hembusan angin yang sejuk bahkan disaat matahari tepat diatas kepala kita kesejukan itu masih terasa memberi rasa segar saat menerpa tubuh.

Pemandangan Gunung Merapi memberikan sensasi tersendiri.Menyusur dari barat melalui bukit Plawangan sejauh 1000 meter,menempuh perjalanan lintas alam,melalau jalan tanah yang diapit pepohonan,deretan 22 gua peninggalan jaman Jepang menjadi salah satu keunikan Wisata Kaliurang.
Disamping keindahannya kali urang juga mempunyai bangunan bersejarah lho yaitu Wisma Kaliurang.Disana pernah terjadi perundingan khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi 3 Negara pada 13 Jnauari tahun 1948.Republik Indonesia yang diwakili oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh.Hatta,PM Syahrir dan Jendral Soedirman,sedangkan Delegasi Belanda diwakili oleh Paul Van Zeeland (Belgia),Richard Kirby (Australia),Dr. Frank Graham (AS).Didalam perundingan itu menghasilkan Notulen Kaliurang,selain itu juga terdapat bangunan Villa Van Rezink yang berada di utara Taman Rekreasi Anak.

KAWASAN OBYEK WISATA KALIURANG


Sambil bersantai anda bisa kunjungi taman rekreasi Kaliurang,didalam tanah dengan luas kurang lebih 10.000 meter persegi anak-anak bisa bermainan ayunan,perosotan atau berenang dikolam air mini.Selain itu ditaman yang dihiasi oleh patung jin dan beberapa jenis hewan anak-anak bisa main mini car atau memasuki mulut seekor naga dan berakhir dibagian ekorya.

Kearah Timur dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo.Dikawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari Bukit Plawangan.Dengan bersantai dan bermain bersama keluarga ditaman bermain yang berada dilokasi wisata akan mengobati rasa lelah dalam rimbunnya alam Perhutani

Sambil berjalan dari sisi timur,melihat sekumpulan monyet yang berloncatan dan sambal makan serta menikmati kicau burung di alam bebas dijalur berbatu dan menanjak sejauh 800 meter,mungkin akan sedikit memeras tenaga,tetapi pemandangan Gunung Berapi disaat cuaca cerah dari Bukit Pronojiwo akan menghilangkan rasa lelah kita.

Sesampainya kembali di taman bermain bersantailah sejenak di Tlogo Muncar,meredakan rasa lelah sambil menikmati Air Terjun.Biasanya air terjun di Tlogo Muncar akan mengalir deras disaat musim penghujan.Kalau anda berminat Lava Tour dengan Jeep mudah anda temui dikawasan ini,bahkan anda bisa menyewa Jeep untuk menuju kawasan Kalikuning yang menjadi kawasan erupsi Gunung Berapi tahun 2010.

Jika ingin menikmati pemandangan Kaliurang,pengunjung bisa berkeliling menggunakan kereta kelinci dengan biaya yang cukup murah.Kendaraan ini biasa mangkal didepan taman wisata yang dipenuhi dengan kios-kios penjual makanan.

AKSES JALAN DAN HARGA TIKET


Untuk harga tiket sekarang adalah Rp.3000 rupiah,buka setiap hari selama 24 jam nonstop.Akses untuk menuju Kaliurang sangat nudah sekali,setidaknya dengan jalan kaki atau menumpang angkutan bus,colt,taksi,ojek yang mau melewati jalan Kaliurang.Jarak Kaliurang ke Yogyakarta kurang lebih 1 jam.

Demikianlah seputar Obyek Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta.Setelah anda membaca artikel segera jadikan referensi liburan anda.Share kepada teman-teman anda agar lebih mengenal tentang Wisata Indonesia.Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer