KEMEGAHAN CANDI PRAMBANAN WISATA BERSEJARAH

 Candi Prambanan adalah Wisata yang mempunyai nilai Sejarah,sebuah Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta,Siwa sebagai dewa pemusnah sedangkan Dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara.

Komplek Candi ini terletak di Kec. Prambanan,Sleman,Klaten,kurang 17 km timur laut Yogyakarta,50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang,persisnya diperbatasan Jawa Tengan dan Daerah Istemewa Yogyakarta.Candi Prambanan adalah salah satu Candi Hindhu terindah di Asia Tenggara.Kalau anda sudah berada di kota Yogyakarta pergilah kearah timur menuju Candi Prambanan,kalau anda sudah dekat dengan lokasi wisata anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa yaitu sebuah Candi Hindhu yang menjulang tinggi dan berdiri megah.Kalau anda pergi kekota Yogyakarta jangan lupa mampir di Candi Prambanan.

SEJARAH CANDI PRAMBANAN

gambar candi prambanan

Konon ada sebuah legenda yang selalu diceritakan oleh masyarakat Jawa Tengah tentang Candi ini,ada ada seorang lelaki yang bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang.Merasa tak mencitai Bandung Bondowoso akhirya Roro Jonggrang meminta dibuatkan sebuah Candi dengan 1000 Arca dalam waktu semalam.Permintaan itu sudah hampir dipenuhi oleh Bandung Bondowo akan tetapi Roro Jonggrang berbuat curang dengan menyuruh penduduk kampung menumpuk padi dan membuat api besar agar keliatan seperti pagi hari.Akhirya Bandung Bondowoso tahu kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi Arca yang ke-1000.

Candi Prambanan adalah Candi Hindhu yang megah yang pernah dibuat oleh Jawa kuno.Pembanguna Candi Hindhu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan sebagai tandingan Candhi Budha Borobudur dan juga Candi Sewu yang letanya tak jau dari Prambanan.Beberapa Sejarawan lama menduga bahwa pembangunan candi agung Hindhu ini untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya atas Jawa.

Banguana ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan oleh Raja Lokapala dan Raja  Balitung Maha Sambu.Bangunan Suci ini untuk memuliakan Dewa Siwa,dan anam asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha yang berarti rumah Dewa Siwa.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi, biasa diasosiasikan dengan( Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).

Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para ahli, relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

HARGA TIKET DAN JAM KUNJUNG


Dibawah ini adalah daftar tiket masuk Candi Prambanan :

1.Rp.30.000 (Dewasa)
2.Rp.12.500(anak-anak)
3.18 USD (WNA)

Jam kunjung untuk masuk lokasi wisata :

Buka setiap hari pada pukul 06.00 sampai 17.00 (WIB)

Demikianlah Obyek wisata Candi Prambanan Yogyakarta yang merupakan wisata bersejarah dan mempunyai nilai seni tinggi.Silahkan kunjungi dan nikmati berwisata di Candi Prambanan.Sebagian artikel bersumber pada www.Wikipedia.org dan www.yogyes.com.Share artikel ini kepada teman-teman anda agar lebih mengenal wisata dan tempat bersejarah di Indonesia.Terima kasih atas kunjungannya.


Postingan Populer